Selamat Membaca Jangan lupa beri komentar ya & terimakasih atas kunjungannya

Belajar Lagi

Belajar lagi Yuk... Perbedaan Mesin I-DSI dan I-VTEC (Honda Jazz, CR-V, Accord etc) October 1, 2010 Posted by Panji Mitiqo Al-Farouk in Dunia Otomotif. trackback sebenrnya itu perbedaan dalam struktur mesinnya aja yang buat dua2 nya punya karakter masing2 awalnya Jazz dibuat untuk city car jd bukan buat kebut2an mereka pikir mesin pake i-dsi udah cukup I-DSI adalah kepanjangan dari intelligent-double sequential ignition jadi dalam satu silinder ada dua busi ( persis kaya motor bajaj pulsar tds-i ) keuntungannya ya pembakaran jadi lebih sempurna setelah dibakar dengan busi pertama dibakar lagi dengan busi kedua menjadikan mesin dengan tenaga yang sama dapat menghabiskan bahan bakar yang lebih sedikit kerugiannya adalah waktu pembakaran mesin menjadi lebih lama dan respon mesin agak lambat Mesin I-DSI V-TEC adalah kepanjangan dari variable valve timing and electronic lift control itu adalah mekanisme pengatur katup masuk bahan bakar pada tiap silinder mesin gampangnya gini : setiap mesin punya putaran yang beda2, ada yang putaran rendah, ada yang putaran tinggi, nah selama ini putaran itu hanya bergantung pada putaran engkol mesin ( DOHC ) atau twin cam, nah dengan vtec putaran itu diatur secara mekanis dan elektris jadi tergantung pada besaran tenaga yang dibutuhkan, ga melulu dari putaran mesin bisa katupnya yang memanjang untuk memberi pasokan campuran bensin dan udara atau memberikan mekanisme pengaturan katup yang berbeda ketika putaran tinggi keuntungannya adalah respon mesin yang baik dan tenaga yang besar,vtec ini sudah keluar dalam bentuk i-vtec dan sistem vtec ini merupakan saingan berat sistem vvt-i toyota dan vvt-nya suzuki tapi tiap sistem punya keunggulan dan kekurangan masing2 Mekanisme Mesin I-VTEC bahkan honda baru aja keluarin mesin yang lebih edan lagi pake VCM ( Variable Cylinder Management ) yang bisa mengatur brapa silinder aja yang bekerja, misal kalo lagi macet atau pelan cukup pake 2 silinder tapi kl lagi kenceng pake 4 silinder, ya begitulah.. hehehehe… masalah perbedaan ga terlalu jauh itu hanyalah masalah fungsi aja kl mau ngebut pake i-dsi ya pasti mikir2 dulu kl mau irit pake vtec juga mikir2 dulu oya vtec udah pake velg racing dan bukti mobil ini bisa lebih ngebut udah dipasang rem cakram ama keempat rodanya Semoga membantu untuk Mania Otomotif. Ilmu bermanfaat ini dari:http://www.belimobilhonda.com/products/42/0/Apa-sih-Bedanya-Mesin-I-DSI-dengan-V-TEC/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar